tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] Mari gemar membaca & mengoleksi buku. Sebab ilmu tak akan pernah lekang oleh waktu. - Yogyakarta, 26 November 2016.

Saturday, August 30, 2014

AirAsia Indonesia: Bukan Sembarang Maskapai Penerbangan Hemat Biasa?

AirAsia Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat dan Inovatif. Sumber: @AirAsiaId

Jujur saja saat yang lain sudah pernah bahkan berkali-kali bepergian dengan AirAsia saya sendiri malah belum pernah. Saya mencoba mengikuti Kompetisi 10 Tahun AirAsia Indonesia ini karena berkeinginan untuk bisa terbang dengan maskapai yang katanya terbaik di kelasnya untuk kategori low cost carrier.

Untuk itu saya melakukan beberapa studi literatur yang membawa saya pada beberapa fakta yang cukup mengejutkan, bahwa AirAsia adalah maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia dan maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di Asia selama 6 tahun berturut-turut (travel.kompas.com, 16/07/2014).

AirAsia Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik di Dunia 6 Tahun Berturut-Turut. Sumber: http://news.btrav.biz/2014/07/6-tahun-beruntun-airasia-jadi-maskapai-berbiaya-hemat-terbaik-di-dunia/


Mengutip dari finance.detik.com kunci keberhasilan AirAsia adalah inovasi dan sumber daya manusia menurut CEO AirAsia Group, Tony Fernandes, di Farnborough International Airshow di London, Inggris (17/07/2014).

Saya setuju dengan pernyataan tersebut, bagaimanapun juga dibutuhkan orang-orang yang tepat untuk terus berinovasi. Apalagi di dalam indutri yang keras seperti penerbangan, inovasi adalah hal yang sangat berharga.

Mengutip dari bisnis.news.viva.co.id pernyataan pengamat penerbangan Indonesia yang juga merupakan mantan pilot, Alvin Lie, persaingan maskapai LCC (Low Cost Carrier) di Indonesia sebetulnya tidak terkait sepenuhnya dengan harga tiket murah (20/09/12).

Dari tiga maskapai LCC lainnya, AirAsia dipandang unggul dalam hal pelayanan bagi para penumpangnya. Selain menawarkan saran angkutan udara, AirAsia juga sudah melangkah jauh lewat kerja samanya dengan hotel. Ditambah lagi tak hanya itu, AirAsia juga unggul dalam penawaran program-program khuss seperti paket liburan.

Selain itu menurut Imron Fadil Siregar, Director Operational AirAsia Indonesia saat wawancara dengan majalah marketplus.co.id menyebutkan bahwa faktor safety adalah hal lain yang menjadikan maskapai penerbangan AirAsia mampu merebut hati masyarakat Indonesia (17/09/2012).

AirAsia menerapkan kebijakan efisiensi dimana dengan konsep "hanya bayar apa yang dibutuhkan" jadi jika kita tidak ingin makan saat mengudara ya kita tidak perlu membeli makanan.

Ada beberapa hal yang secara pribadi ingin saya buktikan kebenarannya yakni:

1. Efektifitas. Banyak orang yang pernah menggunakan jasa penerbangan AirAsia Indonesia mengklaim bahwa mereka suka dengan inovasi teknologi AirAsia yang menyediakan fasilitas check-in manual dan cetak boarding pass melalui situs web, aplikasi, dan mesin kiosk yang mempermudah dan mempercepat proses check-in itu sendiri. Penumpang tentunya bisa dengan nyaman dan cepat melakukan proses check-in secara mandiri tanpa harus mengantri lama di counter.

2. Ketepatan Waktu Terbang. Adalah hal lain yang sejujurnya membuat saya penasaran. Maklum saya sering menggunakan maskapai penerbangan lokal lainnya dan hampir selalu terlambat. Meski berbiaya rendah, kabarnya bukan berarti kualitas layanan AirAsia ikut rendah.

3. Pelayanan On Board dari para pramugari dan pramugaranya yang baik, tersenyum dan sigap. Saat saya menuliskan ini saya ingat dengan salah satu kualitas yang dipentingkan oleh maskapai-maskapai kelas internasional.

4. Makanan yang terbilang enak. Saya termasuk orang yang cukup selektif apabila berbicara tentang enak dan tidak enaknya makanan dalam satu travelling. Dari yang saya baca dan dengar para penumpang menyatakan mereka puas dengan rasa dan walau kadang tampilannya agak berbeda dengan brosur, menunya bermacam-macam dan menyesuaikan dengan tujuan penerbangan.

5. Hiburan. Kabarnya, majalah penerbangan Travel 3Sixty menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Mudah-mudahan bukan seperti majalah penerbangan maskapai lain yang jarang up date dan hanya menjadi keharusan ada di bangku penumpang.

Untuk saat ini saya memang belum bisa ikut terbang bersama AirAsia Indonesia. Namun demikian mudah-mudahan suatu saat nanti beberapa hal kelebihan AirAsia sebagai penerbangan hemat dan yang telah menyabet gelar "World's Best Low Cost Airline" dari Skytrax sebanyak 6 kali berturut-turut dapat juga saya buktikan kebenarannya.

Semoga impian dari CEO AirAsia Group, Tony Fernandes bahwa "now everyone can fly" betul-betul dapat saya dan orang lain rasakan dan menikmatinya pula.

Selamat ulang tahun ke-10, AirAsia Indonesia. Terima kasih.


-----
Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog 10 Tahun AirAsia Indonesia https://www.facebook.com/notes/airasiaindonesia/kompetisi-blog-10-tahun-airasia-indonesia/810741058958974#


Banner Kompetisi Blog 10 Tahun AirAsia Indonesia https://www.facebook.com/notes/airasiaindonesia/kompetisi-blog-10-tahun-airasia-indonesia/
Followed Twitter @AirAsiaId
Followed Twitter @TrinityTraveler
Followed Facebook www.facebook.com/AirAsiaIndonesia

Followed Facebook www.facebook.com/TrinityTraveler

No comments:

Post a Comment