tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] Mari gemar membaca & mengoleksi buku. Sebab ilmu tak akan pernah lekang oleh waktu. - Yogyakarta, 26 November 2016.

Sunday, August 31, 2014

Yose Rizal Triarto: Tips & Trik Belanja Online Aman dan Mudah

Belanja Online Aman dan Mudah.
Sumber gambar: http://harianti.com/lima-tips-aman-belanja-online-ala-groupon/

Berbelanja lewat internet itu sangat menyenangkan. Anda tinggal klik dan barangnya nanti akan dikirim ke alamat anda. Apabila anda berbelanja dari toko online di luar negeri mungkin akan sedikit lama waktu pengirimannnya tapi apabila anda belanja dari toko lokal atau dalam negeri dalam satu malam pun barang sudah bisa kita terima.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Forrester melaporkan bahwa pada saat menjelang liburan dan akhir tahun, konsumen yang berbelanja secara online biasanya akan meningkat. Namun yang perlu diingat, yang senang bukan cuma situs-situs web jualan, tetepi juga para “maling digital” karena semakin banyak transaksi, semakin besar pula kemungkinan mereka mendapat apa yang mereka inginkan.

Bagaimana agar terhindar dari gangguan para penjahat digital tersebut? Berikut adalah 8 panduan aman dalam melakukan jual-beli online:

1. Lakukanlah riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Tips ini harus selalu dilakukan apabila Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri mungkin kurang familiar. Periksalah alamat web dan nomor telepon si penjual dan hubungi.

2. Bacalah baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Tentu kita tidak ingin jangan sampai di kebijakan tersebut ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

3. Periksalah paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik
Curigailah barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar. Lebih baik teliti sebelum membeli daripada menyesal kemudian.

4. Janganlah tergoda barang murah
Jangan buru-buru jatuh cinta dengan tawaran harga barang murah, apalagi saat meminta ID dan password Anda tanpa izin dari pemilik e-mail. Biasanya itu adalah perbuatan spammer.

5. Carilah tanda kalau situs web itu aman
Biasanya tanda tersebut berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Apabila Anda diminta memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit lihat baik-baik apakah alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’ jika tidak jangan teruskan.

6. Amankanlah PC Anda
Paling tidak milikilah antivirus bagi PC/Laptop/Tablet dan Smartphone Anda Ingat piranti lunak tersebut harus di-update secara teratur.

7. Simpanlah bukti transaksi
Untuk berjaga-jaga simpanlah semua bukti transaksi termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan apabila ada salinan e-mail andara Anda dengan penjual. Hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak baik apabila misal pihak penjual mangkir atau tidak mengirim produk atau produk memiliki cacat dan sebagainya.

8. Pelajarilah UU Perlindungan Konsumen

Apabila Anda sudah terlanjur bertansaksi online dan ternyata tertipu jangan takut untuk mulai membaca dan mengerti akan beberapa Undang-Undang yang mengatur akan perdagangan/jual beli online. Yang terbaru adalah UU No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. Di mana dalam aturan ini, pelaku e-commerce dapat dipidana 12 tahun penjara dan/atau denda Rp 12 miliar bila terbukti melakukan penipuan. 

-----

Telah terdaftar sebagai member website "AnRmart.com"
Telah liked dan Followed Facebook fanspage "AnRmart.com"
Telah bergabung dengan group Facebook "Pena Mata Kata"

No comments:

Post a Comment