tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] Mari gemar membaca & mengoleksi buku. Sebab ilmu tak akan pernah lekang oleh waktu. - Yogyakarta, 26 November 2016.

Thursday, October 16, 2014

IdeKu untuk PLN

Kepada Yth. Dewan Direksi dan Manajemen PT. PLN (Persero)
di tempat


Dengan hormat,

Kelistrikan nasional apapun jenis dan namanya, hendaknya dapat dibangun dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Singkatnya ada 5 (lima) hal yang harus diutamakan oleh PT. PLN (Persero) untuk mengembangkan sektor kelistrikan Indonesia:

1. Memberikan penghargaan bagi pelanggan-pelanggan setia PT. PLN (Persero) yang membayar tepat waktu dan tidak menunggak, aktif memberikan kontribusi berupa saran, masukan dan informasi penting, sebagai contoh dalam bentuk Customer of The Year
2. Memberikan edukasi rutin kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran membayar listrik tepat waktu dan tidak menunggak bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat terkait
3. Melakukan tindak lanjut atas pengaduan-pengaduan masyarakat yang telah disampaikan
4. Melakukan sosialisasi keuntungan penggunaan listrik prabayar dengan lebih gencar dengan menjangkau kalangan pemuka masyarakat dan kalangan akademisi di kampus-kampus dan
5. Menindak tegas oknum-oknum pelaku pencurian listrik liar bekerja sama dengan aparat kepolisian

Pembangunan kelistrikan nasional adalah pembangunan yang holistik dan terintegrasi, bisa jadi terjadi integrasi pengelolaan, pembangunan, dan tentunya integrasi manfaat yang pada akhirnya berujung pada terwujudnya tiga kualitas yakni kelistrikan nasional harus mampu mewujudkan kualitas hidup ”quality of life” masyarakat lokal, sisi yang lainnya kelistrikan nasional harus mampu memberikan kualitas berusaha ”quality of opportunity” kepada para penyedia jasa dan pekerja dalam industri kelistrikan nasional dan sisi berikutnya menjadi yang terpenting adalah terciptanya kualitas pengalaman pengguna dan pelanggan berupa ”quality of experience”.

Terima kasih.


-----
Tulisan ini disampaikan dalam rangka Lomba Blog bertemakan: IdeKu untuk PLN? http://akudanpln.blogdetik.com/http://akudanpln.blogdetik.com/

Banner Lomba Blog bertemakan: IdeKu untuk PLN?
Syarat dan Ketentuan Lomba Blog bertemakan: IdeKu untuk PLN?
Followed Twitter @BLOGdetik
Liked Fanpage Facebook BLOGdetik
Followed Twitter @PLN_123

2 comments:

  1. Kalau urusan tidak bisa bayar tepat waktu atau nunggak, kadang terjadi di luar keinginan pelanggan ya, apalagi untuk pelanggan kelas menengah ke bawah. Banyak faktor yang menyebabkan pada telat bayar.

    Untuk edukasi, saya malah setuju tentang pemakaian listrik secara bijak dan legal termasuk perawatan jaringan listrik agar tidak menimbulkan kebakaran. Karena selama ini banyak kebakaran diakibatkan oleh listrik. Kemudian ada baiknya pula masyarakat diedukasi bgm cara memilih produk kelistrikan yang tepat seperti kabel, stop kontak.

    Untuk PLN nya sendiri, saya usul kalau mau pemadaman entah itu pemadaman perawatan jaringan atau rabas2 diumumkan lewat masjid kerjasama dengan takmir masjid dan perangkat RW/RT setempat. Jauh lebih efektif dan cepat sampai ke masyarakat. PLN punya database nomor hp takmir masjid atau perangkat RW/RT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih komentarnya Mbak Ratri Puspita. Semoga dibaca dan diperhatikan oleh PT. PLN (Persero) guna kelistrikan nasional dan Indonesia yang lebih baik lagi.

      Delete