tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] Mari gemar membaca & mengoleksi buku. Sebab ilmu tak akan pernah lekang oleh waktu. - Yogyakarta, 26 November 2016.

Sunday, February 15, 2015

Impian Saya Menerbitkan Buku Solo di Tahun 2015


Salah satu impian saya di tahun 2015 ini adalah menerbitkan buku solo. Iya satu buku yang merupakan tulisan saya sendiri. Alasan utamanya adalah karena saya telah mulai serius menulis puisi, esay, dan opini sejak Juli 2014 dan setelah dikumpulkan ternyata cukup banyak. Beberapa prestasi dan penghargaan dalam bidang kepenulisan sejak setahun yang lalu juga membuat saya makin yakin dan percaya diri akan kualitas tulisan-tulisan saya tersebut. Awalnya saya merunutkan tiap tulisan saya per tanggal pembuatan, mengeditnya, kemudian menaruh tulisan itu dalam sebuah format standar. Kemudian saya mencoba mencari penerbitan mana yang baik popularitasnya. Tidak harus penerbit mayor, penerbit indie pun bisa. Setelah mendapatkan satu penerbit saya segera mengontak mereka, memberikan contoh naskah saya dan setelah mendapatkan persetujuan akan diterbitkan, segera saya memulai langkah saya lainnya meminta endorsement/testimonial kepada beberapa penulis senior dan tokoh nasional/yang berkompeten di bidangnya. Setelah semua itu siap, harapan saya di tahun 2015 ini saya dapat menerbitkan sebuah buku solo tulisan saya sendiri.

Inilah naskah buku saya. Sederhana namun harapannya sarat makna.

Bumi dan Manusia adalah Kumpulan Puisi, Esay, dan Opini Pilihan.

Dengan kerendahan hati, Bumi dan Manusia adalah buku pertama saya yang merupakan kumpulan catatan puisi, esay, dan opini yang sempat ditulis sejak Juli 2014 sampai dengan awal 2015 yang terserak di beberapa media penulisan seperti media sosial, blog, website, dan beberapa di antaranya termuat dalam surat kabar.

Bagian 1 Puisi memuat 31 (tiga puluh satu) puisi pilihan yang beberapa di antaranya telah mendapatkan penghargaan dalam lomba-lomba penulisan puisi nasional dan telah diikut sertakan sebagai manuskrip tunggal dalam Siwa Nataraja Awards 2015 dan Ubud Writers & Readers Festival (URWF) 2015.

Bagian 2 Esay dan Opini memuat 21 (dua puluh satu) tulisan pilihan yang beberapa di antaranya berkesempatan memperoleh penghargaan pula dalam beberapa lomba kepenulisan yang diadakan baik oleh pemerintah (kedinasan dan kementrian) maupun oleh penerbit-penerbit indie dan mayor di Indonesia.

Buku non-fiksi tersebut ditulis untuk pelajar/mahasiswa/umum yang tertarik atau terpanggil dalam keprihatinan akan kemanusiaan dan lingkungan. Dengan segala keterbatasan penulis berharap buku tersebut dapat memberikan sumbangsih pandangan akan kondisi saat ini.

Tujuan dari endorsement/testimonial sendiri penulis maksudkan agar buku tersebut nantinya lebih dikenal, membumi, dan memanusiakan manusia.

Berikut ini adalah beberapa foto endorsement/testimonial yang sudah sy ajukan dan publikasikan kepada publik di media sosial sebagai bagian promosi buku:

Endorsement pertama dari mas Dwi Suwiknyo, seorang penulis dan founder Pesantren Menulis


Endorsement dari mas Muchlis Anwar, seorang motivator dan penulis buku The Art of Communication

Endorsement dari mbak Arimbi Bimoseno, seorang penulis buku Pesawat Habibie Sayap-Sayap Mimpi Indonesia

Endorsement dari mas Agus 'Gus Mul' Mulyadi, seorang bloger, writer, layouter

Untuk endorsement/testimonial lainnya telah saya arsipkan dan publikasikan di folder Endorsement/Testimonial Buku "Bumi dan Manusia" di https://www.facebook.com/yose.triarto/media_set?set=a.10205990355867338.1073741879.1513794646&type=3

Buku ini ditulis untuk pelajar/mahasiswa/umum yang tertarik atau terpanggil dalam keprihatinan akan kemanusiaan dan lingkungan.  

Tak ada gading yang tak retak, namun dengan segala keterbatasan saya berharap buku solo pertama yang akan diterbitkan di tahun 2015 ini dapat memberikan sumbangsih pandangan akan kondisi saat ini. Terima kasih.


Postingan ini diikutsertakan dalam #evrinaspGiveaway: Wujudkan Impian Mu”

Banner GA #evrinaspGiveaway


Follow Twitter Sponsor GA Unchal Kaos Bogor


Follow Twitter Sponsor GA Haya Aliya Zaki


Like FB Fans Page Sponsor GA Unchal Kaos Bogor


Follow Twitter Owner GA Evrina Budiastuti

4 comments:

  1. Semoga bisa segera terbit bukanya ya bang, sukses and lares maneeesssss....amin
    Semngat, tinggal sedikit lg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Terima kasih Mbak Inda Chakim untuk komentar dan kunjungannya. Suskes juag untuk Mbak :).

      Delete
  2. salam sukses selalu, terimakasih sudah berpartisipasi dalam GA Wujudkan impian, saya adalah orang yang sulit menulis puisi, hebat bisa nulis puisi segitu banyak, semoga buku solonya segera terbit ya. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak untuk komentar dan kunjungannya Mbak Evrina. Semoga sukses dan tercapai juga untuk mimpi2nya Mbak. Terima kasih untuk doa dan dukungannya. Semoga sy berkesempatan mendapatkan salah satu yg terbaik dalam GA Wujudkan Impian Mbak kali ini :).

      Delete