tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] #MenulisAdalahMelawan #MenulisAdalahPembebasan - Yose Rizal Triarto - Yogyakarta, 20 November 2017.

Tuesday, December 27, 2016

The Best Smile Is The One That Struggles Through Tears


Merayakan natal 25 Desember 2016 GKJ Kotagede Yogyakarta.

Terima kasih pak Mahatma Anto untuk fotonya.

The best smile is the one that struggles through tears.
Senyuman terbaik salah satunya adalah yang berjuang lewat air mata.

Karena untuk mengenal suatu bangsa, cara terbaik adalah dengan membaca dunia batin dan renungannya, yakni melalui karya-karya sastranya.

Demikian pula untuk memperkaya apresiasi kita sekaligus membuka ruang dialog yang seluas-luasnya, untuk dapat bergaul akrab dan berdialog erat dengan pribadi/individu/komunitas yang berbeda secara anggun dan mendalam, bukan dengan cara yang dangkal dan memalukan, seperti melecehkan atau menistakan, cara terbaik adalah dengan menyelami karya-karya kehidupan mereka, membaca sikap dan perbuatan keseharian mereka, menyimak doa dan mimpi-mimpi mereka, sekaligus memaklumi dan menerima secara sadar keberadaan diri mereka sebagai manusia layaknya kita melihat cerminan diri sendiri.

Keberagaman bukanlah suatu hal yang harus diseragamkan. Justru keberagaman sekali lagi adalah suatu keniscayaan. Sebagaimana kita belajar berjalan dan membaca, kisah dan kasih cinta Tuhan lewat semua umat-Nya di atas dunia.

Selamat memaknai perbedaan bagi kita bersama. Selamat untuk berbahagia dalam kehidupan kita semua.

with R.r. Ratri Hapsari at GKJ Kotagede Jogjakarta.

No comments:

Post a Comment