tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] You know what, the loneliest people are the one who talk a lot. - Yogyakarta, 27 Juni 2017.

Monday, February 20, 2017

Mengenal Happy Science, Sekte yang Tengah Viral di Jepang


Happy Science. Ketika mendengarnya, kalian pasti membayangkan kelas atau klub belajar sains untuk anak SD yang menyenangkan dipandu oleh tokoh utama semacam Barney atau sejenisnya yang membuat belajar yang mulanya membosankan menjadi menyenangkan dan pelajaran akan lebih mudah diserap.

Tapi bukan. Happy Science justru merupakan sebuah sekte agama.

Ryuho Okawa adalah seorang pengusaha asal Jepang yang berkarir di bidang keuangaan di New York. Namun, ia berhenti menggeluti karirnya itu dan memilih membuat faham baru yang dia sebut sebagai Happy Science. Inti dari ajaran ini adalah membawa perdamaian dan kebahagiaan di seluruh dunia.

Ryuho Okawa lahir pada 7 Juli 1956 di Prefektur Tokushima. Setelah lulus dari University of Tokyo, dia bergabung dengan sebuah perusahaan keuangan di Tokyo. Kemudian pada 23 Maret 1981, ia mulai melakukan komunikasi dengan alam roh dan mengambil kesimpulan bahwa dia adalah sang El Cantare yang merupakan reinkarnasi dari tokoh-tokoh agama terdahulu seperti Nabi Muhammad S.A.W., Yesus, Confusius, dan Budha.

Pada 6 Oktober 1986, Ryuho Okawa mendirikan Happy Science yang dalam bahasa Jepang disebut Kofuku no Kagaku dan mulai menyebarkan fahamnya. Selanjutnya, pada tanggal 7 Maret 1991organisasi ini mendapatkan sertifikat sebagai salah satu agama di Jepang. Sampai saat ini sudah banyak pengikut dari ajaran ini, bahkan mereka juga telah menguasai beberapa kuil orang Budha yang mereka jadikan sebagai tempat ibadah. Baru pada tahun 2009, Ryuho Okawa meletakkan dasar politik yang di ideal dengan membuat partai Happiness Realization Party dan bahkan membangun Happy Science Unversity dalam rangka menyebarkan fahamnya dan membawa kebahagiaan nyata di dunia ini.

Selain membawa misi kebahagiaan, faham ini juga mempercayai bahwa Malaikat Jibril (Gabriel) akan datang ke bumi di masa depan dan mendarat di Bangkok, Thailand. Dia juga telah memperingatkan pemerintah Bangkok untuk bersiap-siap jikalau hal itu benar-benar terjadi karena akan banyak turis dari berbagai negara akan berkunjung ke Bangkok untuk melihat sang Malaikat. Faham ini juga meyakini bahwa selain Malaikat Jibril, alien juga akan datang ke bumi dalam 300-400 tahun kedepan.

Cara mereka menarik jemaat bisa terbilang halus karena melalui media buku dan film terutama film animasi yang memang digemari anak-anak. Mereka memperbolehkan umat agama lain untuk masuk agama mereka meskipun cara ibadahnya berbeda-beda. Ajaran mereka sebenarnya berlandaskan pada ajaran Budha, namun di buat lebih modern sehingga tempat ibadah mereka terlihat seperti gereja. Pemikiran masyarakat Jepang yang cenderung rasional menyebabkan faham agama yang berlandaskan sains lebih mudah diterima dan alhasil pengikut dari Ryuho Okawa sangatlah banyak.

No comments:

Post a Comment