tes

tes
[CATATAN HARIAN SAYA] #MenulisAdalahMelawan #MenulisAdalahPembebasan - Yose Rizal Triarto - Yogyakarta, 20 November 2017.

Saturday, May 5, 2018

MENYOAL RELEVANSI MAKNA SEKOLAH MENYENANGKAN DAN RAMAH ANAK BAGI KITA

Sumber ilustrasi foto: https://goo.gl/ahrFq2

**MENYOAL RELEVANSI MAKNA SEKOLAH MENYENANGKAN DAN RAMAH ANAK BAGI KITA**

Dulu, suka tidak suka, senang tidak senang, anak-anak seumuran saya harus mau dan mampu untuk belajar. Apapun kondisi dan ceritanya.

Sekarang, menurut penuturan dan tulisan beberapa kawan yang vokal bicara dan menjadi narasumber favorit dalam gerakan sekolah kekinian, ketika anak-anak senang, dia pasti akan mau diminta untuk belajar. Itu sebabnya, sekolah harus menyenangkan dan ramah anak.

Bukankah ini berarti, justru kita sendirilah yang memudahkan hidup anak dan membuat sempit pandangan dan perjuangannya akan makna sekolah dan belajar? Bukankah ini berarti, bahwa kitalah yang memastikan dan membuat segalanya tampak nyaman, aman, dan tanpa masalah sama sekali bagi tumbuh kembang kepribadian dan karakter anak? Bukankah ini berarti, karena kita sendirilah, dalam artian di masa depan, anak tidak akan memiliki cukup banyak pengetahuan dan pengalaman, bahwa hidup tidak selalu tampak menyenangkan dan ramah baginya, sehingga dia mau dan mampu untuk melewati segala masalah itu? Bukankah ini berarti, kita sendirilah yang justru membuat anak-anak itu tumbuh kerdil dan berkembang cantik ala bonsai yang sedap dipandang mata, namun sesungguhnya bukanlah arti hidup yang sebenarnya?

Dan di akhir nanti, kita pun masih saja mengeluhkan, mengapa begitu banyak anak jaman now, yang begitu mudah mengeluh dan menyerah ketika menghadapi masalah.

Mungkin sebetulnya kitalah yang seharusnya berubah dan mulai kembali belajar.

No comments:

Post a Comment